Senin, 12 Agustus 2013

Review: The Confessions of an Ugly Stepsister by Gregory Maguire


Judul buku: The Confessions of un Ugly Stepsister
Penulis: Gregory Maguire
Penerjemah: Khairi Rumantati
Penerbit: Atria
Cetakan I: April 2013

Sinopsis

"Letakkan dua gadis di balik kegelapan, yaitu tempat mereka semestinya, dan biarkan cahaya menyirami gadis yang ketiga. Bunga tulip kami, Clara kami."

Kita sering medengar kisah Cinderella, gadis cantik yang dipaksa menjadi budak oleh ibu tirinya. Namun, bagaimana dengan sang kakak tiri, sepasang gadis buruk rupa yang terasing oleh ketenaran adik tiri mereka yang cantik? Takdir seperti apa bagi mereka yang tak tersentuh keindahan...dan apa kutukan yang mengiringi keelokan Cinderella?

Berlatar di Belanda pada abad ketujuh belas, Confessions of un Ugly Stepsister adalah novel menarik yang merupakan penafsiran baru atas kisah Cinderella dengan tokoh-tokoh yang berbeda. Novel memikat ini bercerita tentang kecantikan, pengkhianatan, cinta, dan ilusi yang mengingatkan kita bahwa kebohongan pasti akan terungkap dan cinta bisa bersemi di tempat yang paling tak terduga.

Review dari Gue

Gue kemakan sama sinopsis dari buku ini. Gue kira buku ini bakal ceritain tentang salah satu saudara tiri Cinderella yang ternyata baik hati dan ngga kayak cerita-cerita yang selama ini kita denger. Tapi perkiraan gue salah ternyata, huhu. Gue ampe sekarang belom paham banget ceritanya. Kenapa di akhir buku ini bisa ada kebakaran? Terus apa si saudara tiri yang kurang sehat itu yan ngebakar rumah yang sedang mengadakan pesta itu? Dan kenapa???

Yang paling gue gasuka dari buku ini adalah karakter ibu tirinya Cinderella. Dia ngga mencerminkan ibu yang baik bagi anak kandungnya. Kalo sama anak tiri, Cinderella udah pasti dibuku buku diceritain emang ga baik, tapi sama anak sendiri juga malah bahasanya kasar gitu. Yah bukan termasuk ibu idaman bagi siapa pun deh.

Apalagi bahasa dari terjemahannya yang asli RIBET BANGET. Bahkan gue aja susah banget buat ngertiin. Malah kadang bahasanya agak bertele-tele.
Yah intinya cerita ini ngga yang kayak gue harapkan. Gue kira saudara tirinya Cinderella ternyata punya hati yang baik (baik bangeet) tapi yaa ga beda jauh deh walaupun ga kejam kejam banget. Dan banyak banget karakter yang gue gasuka. Yang gue suka itu hubungan antara Iris dan Caspar. 

Yaaps mungkin itu doang review dari gue, cukup sekian. Bukunya kurang menarik kalo menurut gue, atau mungkin versi yang bahasa inggrisnya lebih enak dibaca daripada versi terjemahan indonesia. Karena kalo gue liat di goodreads ada yang ngasih bintang 3 keatas. Kalo gue ngasih cukup 1 setengah bintang aja deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar